Skripsi
Evaluasi Program Peningkatan Pelayanan Angkutan di Terminal Cicaheum oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Evaluasi Program Peningkatan Pelayanan Angkutan di Terminal Cicaheum oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Petunjuk Teknis Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) 1995 mengenai fungsi terminal. Program tersebut belum dapat memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat. Hal ini ditandai dengan rendahnya kebersihan di lingkungan terminal serta kurangnya fasilitas umum pelayanan. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan dimensi kriteria evaluasi oleh William N. Dunn, yang terdiri dari efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu studi kepustakaan, studi lapangan (observasi dan wawancara), serta studi dokumentasi. Teknik penentuan informan menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi program Peningkatan Pelayanan Angkutan di Terminal Cicaheum oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung belum berjalan dengan baik sesuai dengan kriteria evaluasi karena terdapat hambatan untuk mewujudkan terminal yang bersih, aman, dan nyaman untuk mendukung Kota Bandung sebagai kota jasa yang Bermartabat “Bersih, Makmur, Tertib, Bersahabat”. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, penulis mengemukakan saran agar memelihara, memperbaiki, dan membangun fasilitas-fasilitas memadai di Terminal Cicaheum, menekan jumlah pelanggaran pengemudi angkutan umum dengan intensif melakukan penyuluhan dan bimbingan kepada para awak kendaraan umum, serta bekerja sama dengan pihak-pihak yang berkompeten dalam penghitungan data pengguna moda angkutan khususnya moda angkutan pribadi dan angkutan umum agar capaian kinerjanya dapat diukur.
Kata kunci : Evaluasi Program Peningkatan Pelayanan Angkutan, terminal.
No copy data
No other version available