Skripsi
Responsiveness Pengasuh dalam Mendukung Perkembangan Emosi-Sosial Anak Usia Awal di Taman Penitipan Anak Bunda Ganesa Bandung
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis responsiveness pengasuh dalam mendukung perkembangan emosi-sosial anak usia awal di Taman Penitipan Anak Bunda Ganesa. Responsiveness yaitu kapasitas pengasuh untuk memunculkan tingkah laku yang segera dan sesuai dengan isyarat dari anak. Dukungan pengasuh dalam perkembangan anak secara langsung yaitu Anak mempelajari mengeneralisasikan ekspektasi bahwa perilaku mereka memiliki konsekuensi dalam mempengaruhi lingkungan. Secara tidak langsung, memunculkan rasa aman pada anak, anak lebih mengeksplorasi lingkungannya dan dapat mengembangkan kompetensi emosi-sosial serta kognisi dengan lebih baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif, teknik penelitian survey yang dilakukan melalui wawancara terstruktur dengan menggunakan instrumen kuesioner tetutup. Pengumpulan data lainnya diperoleh melalui observasi dan studi kepustakaan. Populasi dalam penelitian ini adalah pengasuh di Taman Penitipan Anak Bunda Ganesa. Jumlah pada populasi adalah 8 pengasuh, sehingga teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif deskriptif dengan uji hipotesis statistik Wilcoxon Match Pair Test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa kualitas pengasuh dianggap baik pada dimensi sensitivity & emphatic awareness, predictability & contingency, non-instrusiveness, engagement, dan positive emotional tone dan berada pada kelas sangat tinggi. Dan pada variabel responsiveness dengan jumlah skor 1432, hal ini menjelaskan bahwa responsiveness pengasuh dalam mendukung perkembangan emosi-sosial anak usia awal di TPA Bunda Ganesa berada pada kelas sangat tinggi dan kualitas pengasuh dapat dianggap baik. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t hitung yaitu 0 lebih kecil daripada t tabel yaitu 5, yang artinya H0 ditolak atau hipotesis penelitian diterima. Dari hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan suatu kegiatan staff development yang berupa Program Pelatihan “Pengembangan Kapasitas Pengasuh Taman Penitipan Anak Bunda Ganesa Bandung” yang diharapkan dapat mempertahankan responsiveness pengasuh pada kelas tinggi da juga meningkatkan kapasitas pengasuh dari segi pengetahuan, skill, dan profesionalisme dalam bekerja yang merupakan aset bagi Taman Penitipan Anak dan Yayasan Bunda Ganesa. Kata Kunci: Responsiveness Pengasuh, Perkembangan Emosi-Sosial Anak, Taman Penitipan Anak
No copy data
No other version available