Skripsi
Makna Penggunaan Handphone (Berbasis Gadget) oleh Peserta Didik SMPN 1 Rancaekek
Interaksi sosial merupakan proses dari sosialisasi seseorang kepada orang lain yang didalamnya terdapat alat instrument untuk berkomunikasi dan berinteraksi secara tidak langsung. Pada proses interaksi yang paling ideal ialah interaksi secara langsung (bertatap muka). Proses interaksi secara tidak langsung ini dapat memunculkan penafsiran pesan yang ingin ditujukan pada seserorang. Keunikan seseorang dalam menangkap pesan dari setiap isyarat yang diberikan akan memperlihatkan tindakan yang orang lain lakukan. Memahami makna dari setiap tindakan awal seseorang akan memancing orang lain untuk melakukan tindakan. Munculnya handphone sebagai media interaksi sosial yang bersifat tidak langsung memunculkan berbagai tindakan dan sikap yang beragam. Penelitian ini berusaha menjelaskan makna penggunaan handphone dilihat dari karakteristik sisi pribadi (Self) dan karakteristik sisi sosial (Person) penggunaan handphone sebagai bentuk tindakan dari pemaknaan menggunakan handphone. Teori yang digunakan yaitu teori interaksionisme simbolik, dengan tujuan ahir ingin melihat makna penggunaan handphone dalam membangun jumlah interaksi dan kualitas relasi antara peserta didik. Hasil penelitian peneliti melihat terdapat pemaknaan yang dilakukan oleh peserta didik SMPN 1 Rancaekek ketika menggunakan handphone secara pribadi (Self) yaitu adanya perasaan penting ketika menggunakan handphone di sekolah dibuktikan dengan adanya anggapan tidak memilik handphone sama dengan kurang bergaul. Hasil lainnya dalam karakteristik sisi sosial menunjukan adanya kelemahan dalam aturan tentang penggunaan handphone sehingga dalam sanksi yang diberikan pada siswa yang melanggar masih belum jelas prosedurnya.
Kata kunci : Pemaknaan, Pribadi, Sosial, Handphone.
No copy data
No other version available