Skripsi
Strategi Kampanye Idris Abdul Shomad Pradi Supriatna dalam Pilkada Kota Depok Tahun 2015
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana strategi kampanye yang dilakukan oleh Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriatna dan juga tim sukses dalam Pilkada Kota Depok tahun 2015. Dalam melakukan penulisan ini, penulis mengambil rujukan dari teori Strategi Kampanye yang dikemukakan oleh Hafied Cangara. Penelitian ini juga didukung oleh teori yang berkaitan dengan strategi pemenangan kampanye, yaitu teori Peter Schoder, dan Antar Venus. Peneliti juga menggunakan rujukan teori Komunikasi Politik dari Lucian Pye. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara terhadap narasumber, dan dari pengumpulan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pasangan Idris Abdul Shomad dan Pradi Supriatna beserta tim suksesnya melakukan strategi-strategi politik yang terdiri dari pemilihan juru kampanye yang kompeten, penetapan target sasaran yang tepat, membangun pesan kampanye yang baik, pemilihan media komunikasi yang bagus, dan produksi media. Dari kelima strategi pemenangan diatas, hampir semuanya dilakukan dengan baik. Dalam pemilihan juru kampanye, dipilih seseorang yang telah memiliki pengalaman yang mumpuni, dalam menetapkan target sasaran, penetapan itu dilakukan dengan sangat tepat, dalam membangun pesan kampanye, hal itu juga dilakukan dengan sangat baik ditambah dengan memanfaatkan kesalahan lawan.
Kata kunci : Strategi Kampanye, Pilkada, Kota Depok, Tim Sukses.
No copy data
No other version available