Skripsi
Nation Branding Pemerintah Brunei Darussalam Terkait dengan Fenomena Turisme Islam 2008-2015
Pariwisata atau turisme telah menjadi salah satu aktivitas penting dan menguntungkan bagi suatu negara. Kegiatan turisme ini semakin ditunjang dengan kemudahan transportasi dan komunikasi seiring dengan perkembangan teknologi yang menyertainya. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah dari suatu negara untuk menarik wisatawan untuk berkunjung ke negaranya. Salah satu cara untuk menarik wisatawan adalah dengan melakukan upaya pencitraan atau branding yang dilakukan oleh suatu negara. Sebagai suatu negara yang dikelilingi oleh negara-negara yang sudah mengembangkan pariwisatanya lebih maju, Brunei Darussalam pun tentu tidak ingin tertinggal dari negara-negara tetangganya dalam menarik wisatawan untuk berkunjung. Maka Brunei pun melakukan apa yang dinamakan dengan nation branding. Melalui penelitian ini, peneliti ingin memperlihatkan apa saja dan bagaimana bentuk-bentuk nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Brunei Darussalam dalam rentang waktu 2008-2015. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan studi literatur. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik simpulan bahwa bentuk-bentuk nation branding yang dilakukan oleh pemerintah Brunei Darussalam sangat beragam dengan fokus dan tujuan yang berbeda-beda. Secara keseluruhan, bentuk-bentuk nation branding ini dapat dilihat juga sebagai salah satu upaya Brunei untuk mengukuhkan identitas negaranya sebagai negara Islam yang kuat.
Kata kunci : Kepentingan Nasional, Nation Branding, Islam, Turisme, Turisme Islam, Brunei Darussalam.
No copy data
No other version available