Skripsi
Peningkatan Disiplin Diri dengan Token Economies : suatu penelitian tindakan pada anak usia tujuh tahun di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak ( LKSA) Anak Shaleh Bandung
Penelitian ini berjudul “Peningkatan Disiplin Diri Dengan Token Economies Suatu Penelitian Tindakan Pada Anak Usia Tujuh Tahun Di Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (Lksa) Anak Shaleh”. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana token economies dilakukan dalam menangani masalah disiplin diri pada anak usia sekolah. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan metode action research dengan pendekatan partisipatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah wawancara mendalam dan observasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang, terdiri dari satu orang subjek, pengasuh panti dan kakak tiri subjek. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa masalah disiplin diri subjek dapat dilihat dari tidak tepat waktu dan sulit dalam menjalankan dua perilaku yaitu belajar dan bangun tidur. Sebelum diterapkan token economies subjek cenderung anak yang sulit diatur dalam perilaku bangun tidur dan belajar sehingga menyebabkan subjek menjadi anak yang selalu dimarahi dan dibentak. Penerapan token economies dengan metode action research dilakukan dalam tiga siklus. Dengan penerapan token economies subjek dapat menjadi disiplin diri dalam perilaku bangun tidur dan belajarnya Upaya maintenance perilaku pada subjek, peneliti menyarankan program “Pelatihan TOKEN ECONOMIES”. Dengan pelatihan ini pengasuh panti dapat memiliki teknik baru dalam menanamkan dan megajarkan nilai disiplin diri pada anak usia sekolah.
Kata kunci : token economies, anak usia sekolah, disiplin diri.
No copy data
No other version available