Skripsi
Kualitas Pelayanan Birokrasi Pemerintahan Bidang Penanaman Modal (Studi pada Badan Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kabupaten Sukabumi Tahun 2015)
dilatarbelakangi ketertarikan peneliti untuk mengetahui sejauh mana kualitas pelayanan yang diberikan oleh pemerintah terhadap investor yang hendak menanamkan modal di suatu daerah, dan sejauh mana pelayanan tersebut mempengaruhi investasi pada daerah yang bersangkutan. Penelitian ini menggunakan metode desktiptif dengan pedekatan kualitatif. Data diperoleh dari hasil penelitian melalui studi pustaka dan studi lapangan yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung yang dilakukan terhadap informan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan yang diberikan oleh pemerintah melalui badan penanaman modal dan perizinan terpadu masih kurang berkualitas. Pelayanan yang masih kurang berkualitas ini dinilai dari berbagai indikator seperti bukti langsung, keandalan, daya tanggap, jaminan dan empati. Proses pengurusan izin dirasa masih berbelit-belit dan memakan waktu lama. Hambatan muncul dari berbagai faktor, baik internal maupun eksternal. Hambatan internal seperti kekurangan sarana dan prasarana penunjang pelayanan, sementara itu hambatan eksternal yang muncul seperti kurang efektifnya koordinasi antara BPMPT dengan dinas-dinas teknis terkait dalam proses perizinan. Pelayanan yang berkualitas akan memberikan pengaruh positif pada penanaman modal disuatu daerah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelayanan yang diberikan oleh BPMPT Kabupaten Sukabumi dalam pengurusan perizinan di bidang penanaman modal masih belum berkualitas. BPMPT perlu meningkatkan kualitas pelayanan untuk dapat menarik dunia usaha untuk menanamkan modalnya di daerah Kabupaten Sukabumi. Kata kunci : BPMPT, Kualitas pelayanan, Penanaman modal.
No copy data
No other version available