Skripsi
Efektivitas E-Government dalam Pelayanan Perizinan Reklame di BPPT Kota Bandung
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai Efektivitas E-Government Dalam Pelayanan Perizinan Reklame di BPPT Kota Bandung. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa indikasi masalah dalam pelayanan perizinan reklame secara online yaitu, rendahnya kualitas pelayanan publik sehingga mengakibatkan tidak adanya kepastian waktu, kemudian adanya birokrasi yang panjang dan berbebelit mengakibatkan timbulnya keluhan dari masyarakat sebagai pengguna, dan system pelayanan online yang belum diatur secara jelas dan tegas yang kemudian dianggap menghambat pelayanan perizinan reklame secara online. Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana efektivitas egovernment dalam pelayanan perizinan di BPPT Kota Bandung sehingga bisa melahirkan solusi untuk mengatasi hambatan dalam pelayanan perizinan reklame secara elektronik. Penelitian ini mengacu pada teori yang dikemukakan oleh Fandy Tjiptono (2005) dengan menggunakan Model Total Quality Service yang terdapat empat variable yaitu, strategi, system organisasi, sumberdaya, dan pelanggan. Penelitian ini dilakukan oleh penulis dengan menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dan wawancara. Informan yang dipilih berjumlah enam orang yang dianggap mengetahui informasi dan permasalahannya secara mendalam. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi data. Dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa pelayanan perizinan reklame berbasis elektronik di BPPT Kota Bandung belum sepenuhnya terlaksana dengan baik. Dalam pelayanan perizinan reklame online belum banyak dimengerti oleh masyarakat, sehingga masih banyak masarakat yang kembali datang ke BPPT Kota Bandung. Selain itu, selama periode januari hingga nopember 2017 BPPT Kota Bandung hanya mampu menyelesaikan 2415 permohonan dari total 6689 permohonan. Kemudian, kewenangan terhadap pengawasan dan pengendalian izin reklame belum diatur secara jelas dan tegas. Saran dari penulis, sebaiknya informasi harus lebih detail diberikan dalam website BPPT Kota Bandung maupun oleh para petugas, lebih dapat meningkatkan kualitas sumberdaya baik sumberdaya manusia maupun peralatan yang digunakan, waktu penyelesaian perizinan harus diselesaikan tepat waktu, dan meningkatkan komunikasi agar hambatan dapat langsung diselesaikan sehingga pelaksanaannya dapat sesuai dengan Standar Operasional Prosedur.
Kata kunci : efektivitas e-government, reklame online, BPPT Kota Bandung.
No copy data
No other version available