Skripsi
Analisis Pemilihan Supplier Kain pada Cv. Blessher dengan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)
Pemilihan supplier merupakan salah satu kegiatan strategis dalam aktivitas pembelian bagi perusahaan. Pemilihan supplier merupakan masalah multi kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada sebuah perusahaan tekstil, CV. Blessher, yang berhubungan dengan supplier bahan baku kain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pemilihan supplier pada CV. Blessher, kemudian untuk mengetahui proses pemilihan supplier pada CV Blessher menggunakan metode AHP sekaligus untuk mengetahui manakah supplier terbaik bagi CV. Blessher. Penelitian ini menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dibantu dengan perhitungan melalui software Microsoft Excel. Hasil penilaian tingkat kepentingan kriteria dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut : prioritas I kualitas (0,48), prioritas II harga (0,28), prioritas III ketepatan pengiriman (0,12), prioritas IV ketepatan jumlah (0,08), serta prioritas V customer care (0,04). Hasil penilaian tingkat kepentingan alternatif dalam pemilihan supplier menghasilkan skala prioritas/bobot sebagai berikut : prioritas I toko A (0,36), prioritas II toko C (0,31), prioritas III toko B (0,19), prioritas IV toko D (0,08), serta prioritas V toko E (0,06). Berdasarkan hasil penelitian, kesimpulan yang dapat diambil adalah jika perusahaan ingin mengembangkan hubungan kemitraan dengan supplier, perusahaan diutamakan untuk memilih Toko A dan Toko C sebagai supplier kain bagi perusahaan karena dua toko tersebut merupakan supplier yang memiliki nilai keseluruhan paling tinggi. Dengan adanya hubungan kemitraan yang baik, kinerja rantai pasokan antara perusahaan dan supplier akan semakin baik dan dapat memperlancar target penyelesaian proyek secara keseluruhan.
Kata kunci : Pemilihan Supplier, Metode AHP, CV Blessher.
No copy data
No other version available