Skripsi
Analisis E-Commerce Indonesia Pasca Dilaksanakannya ASEAN Information and Communication Technology Masterplan 2015
E-commerce merupakan transaksi perdagangan yang dilakukan melalui
media elektronik sebagai bentuk pemanfaatan dari teknologi informasi dan
komunikasi di sektor perdagangan, dimana saat ini e-commerce sedang
berkembang menjadi sebuah trend karena dinilai memberikan kontribusi yang
positif kepada efisiensi perdagangan sehingga meningkatkan pertumbuhan
ekonomi. Menyadari hal tersebut, ASEAN sebagai sebuah organisasi internasional
yang memiliki tujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara anggota
nya segera membentuk upaya-upaya guna mewujudkan kondisi yang kondusif
bagi pertumbuhan bisnis e-commerce di ASEAN salah satunya melalui
dibentuknya ASEAN ICT Masterplan 2015. Dalam penelitian ini peneliti
menggunakan metode penelitian kualitatif untuk mendeskripsikan dan
menganalisis faktor yang mendorong naik dan turunya kontribusi e-commerce di
Indonesia melalui konsep kekuatan lingkungan dalam bisnis internasional.
Walaupun ASEAN sudah melakukan berbagai upaya untuk mewujudkan
kondisi yang kondusif bagi pertumbuhan bisnis e-commerce di negara anggota,
kekuatan lingkungan di setiap negara tetap memiliki peran penting dalam
menggambarkan keberhasilan pertumbuhan bisnis e-commerce. Di Indonesia
faktor utama yang menghambat pertumbuhan dan perkembangan e-commerce
adalah infrrastruktur yang belum memadai, kualitas sumber daya manusia yang
terbatas serta kondisi hukum yang belum berpihak kepada pelaku bisnis disisi lain
Indonesia memiliki pasar, tenaga kerja serta produk dalam jumlah besar yang
dapat tersalurkan melalui bisnis e-commerce.
KATA KUNCI: E-commerce, Information and Communication Technology
(ICT), Kekuatan Lingkungan, Indonesia
No copy data
No other version available