Skripsi
IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF OLEH TENAGA PENGAJAR DI KOTA BANDUNG (STUDI KASUS PENDIDIKAN INKLUSIF DI SDN PUTRACO INDAH BANDUNG)
Penelitian ini berjudul “Implementasi Pendidikan Inklusif oleh Tenaga
Pengajar di SDN Putraco Indah.” Penelitian ini bertujuan menggambarkan
pelaksanaan pendidikan inklusif oleh tenaga pengajar di SDN Putraco Indah
dengan menggunakan tiga dimensi dalam Indeks Inklusif. Ketiga dimensi tersebut
adalah dimensi menciptakan budaya inklusif, membuat kebijakan inklusif, dan
mengembangkan praktik inklusif.
Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan
kualitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi nonpartisipatif,
dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah
reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Informan penelitian ini
berjumlah sembilan orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang
koordinator pendidikan inklusif, 2 orang guru kelas, 1 orang guru mata pelajaran,
2 orang wali murid, 1 orang murid reguler, dan 1 orang murid ABK.
Hasil penelitian menemukan bahwa sudah terdapat upaya yang dilakukan
guru dalam dimensi menciptakan budaya inklusif, membuat kebijakan inklusif
dan mengembangkan praktik inklusif. Namun, masih terdapat beberapa hal yang
masih perlu dilakukan untuk mengoptimalkannya seperti perlunya pemahaman
bersama antara guru dan orang tua murid mengenai nilai yang dianut sekolah, pola
ajar dan pola asuh anak, dan kekerasan di sekolah
No copy data
No other version available