Skripsi
Pelaksanaan Program Pengembangan Diri dan Bakat Bagi Anak Tunagrahita Ditinjau melalui Perspektif Berbasis Kekuatan di SDLBN 04 Tarantang, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat
Penelitian ini menggambarkan pelaksanaan program pengembangan diri dan bakat bagi anak tunagrahita yang ditinjau melalui perspektif berbasis kekuatan di SDLBN 04 Tarantang. Gambaran tersebut digali dengan menggunakan prinsipprinsip perspektif berbasis kekuatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan prinsipprinsip perspektif berbasis kekuatan dalam pelaksanaan program pengembangan diri dan bakat bagi anak tunagrahita. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitiatif deskriptif. Teknik penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, observasi non-partisipatif, dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, kategorisasi data, dan penarikan kesimpulan. Informan dalam penelitian ini berjumlah lima orang yang terdiri dari satu kepala sekolah, dua orang guru olahraga, dan dua murid tunagrahita. Hasil penelitian ini menemukan bahwa sudah terdapat upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan prinsip-prinsip perspektif berbasis kekuatan dalam pelaksanaan program pengembangan diri dan bakat bagi anak tunagrahita. Namun, masih terdapat beberapa hal yang masih perlu dilakukan untuk mengoptimalkannya seperti melibatkan lingkungan keluarga anak dalam memahami dan menerapkan prinsip-prinsip perspektif berbasis kekuatan.
Kata Kunci : Program Pengembangan Diri dan Bakat, Perspektif Berbasis Kekuatan, Tunagrahita.
No copy data
No other version available