Skripsi
Pelayanan Pemerintah Kabupaten Bandung di Bidang Administrasi Kependudukan dalam Pelaksanaan Program KTP-el : studi pada Kecamatan Cilengkrang dan Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Tahun 2016
Penelitian ini berjudul “Pelayanan Pemerintah Kabupaten Bandung di Bidang Administrasi Kependudukan dalam Pelaksanaan Program KTP-el (Studi Pada Kecamatan Cilengkrang dan Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung Tahun 2016). Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelayanan pemerintah dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk elektronik yang belum optimal serta banyaknya jumlah masyarakat yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk elektronik tersebut. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan keadaan objek penelitian berdasarkan hasil yang diperoleh di lapangan. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka dan studi lapangan yang terdiri dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik penentuan informan yang digunakan adalah menggunakan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukan bahwa dalam pelaksanaan program KTP-el di Kabupaten Bandung diukur berdasarkan lima dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu dimensi tangibles, reliability, responsiveness, assurance dan emphaty. Pelayanan yang diberikan belum dilaksanakan secara optimal karena masih terdapat berbagai macam permasalahan diantaranya berkaitan dengan penampilan pegawai, kemampuan melayani, dan kemudian terkait dengan waktu yang dibutuhkan dalam pembuatan KTP-el tersebut. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pelayanan pemerintah Kabupaten Bandung dalam pelaksanaan program KTP-el Tahun 2016 belum dilakukan secara optimal. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya jumlah masyarakat yang belum mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el).
Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Kartu Tanda Penduduk elektronik.
No copy data
No other version available