Skripsi
Electronic Service Quality (ESQ) pada Pembuatan Izin Gangguan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung
Penelitian ini membahas tentang Electronic Service Quality (E-S QUAL) pada pembuatan izin gangguan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BPPT) Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah e-service yang disdiakan oleh BPPT sudah memenuhi ekspektasi masyarakat dalam mempermudah dan mempersingkat waktu pelayanan. Untuk mengukur bagaimana kualitas e-service yang diberikan oleh BPPT, penulis menggunakan teori dikemukakan oleh Parasuraman, Zeithaml & Malhotra (2005) tentang 4 dimensi yang membentuk suatu Electronic Service yang berkualitas yaitu efisiesi, penyelesaian, ketersediaan sistem, dan privasi. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dimana data primer diperoleh melalui observasi dan penyebaran angket, sedangkan untuk data tambahan diperoleh melalui wawancara dengan responden. Keseluruhan sampel dalam penelitian ini adalah sebesar 72 responden yang dipilih menggunakan teknik insidental sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-service dalam menerbitkan izin gangguan di BPPT Kota Bandung sudah memiliki kualitas yang baik dimana keseluruhan dimensi E-S QUAL sudah masuk dalam kategori baik. Akan tetapi, BPPT masih harus mempertimbangkan beberapa perbaikan yang dapat meningkatkan kualitas pelayanannya seperti memberikan informasi yang lebih detail terkait persyaratan yang dibutuhkan dan memberikan notifikasi jika terjadi keterlambatan saat memproses izin gangguan.
Kata kunci : Electronic Service Quality (E-S QUAL), Izin Gangguan, E-Service.
No copy data
No other version available