Skripsi
Interaksi Sosial Dalam Membentuk Perilaku Konsumtif
Hijabers Community di Kota Bandung)”. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dan menggambarkan interaksi sosial yang ditinjau melalui faktor Imitasi, Sugesti, Identifikasi dan Simpati pada Hijabers Community di kota Bandung dalam membentuk perilaku konsumtif.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara dan observasi, data sekunder, dan di dukung dengan dokumentasi di lapangan. Penentuan informan ditentukan oleh dengan berdasarkan teknik purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa melalui faktor Imitasi, Sugesti, Identifikasi dan Simpati dapat membentuk perilaku konsumtif. Faktor tersebut ada yang dapat membentuk kelima aspek perilaku konsumtif dan ada pula yang dapat membentuk hanya sebagian aspek perilaku konsumtif. Dimana pada hal tersebut didorong oleh faktor teman, lingkungan, tokoh idola dan orangtua. Semua informan memiliki kecenderungan untuk berperilaku konsumtif dengan tujuan-tujuan tertentu yang ingin dicapai. Individu diawali dengan perasaan tertarik, individu berpikir bagaimana hal tersebut dapat teraplikasi, lalu memutuskan untuk bertindak hingga akhirnya menjadi sebuah perilaku. Terakhir yaitu mengaplikasinya pada sebuah perilaku yaitu perilaku konsumtif yang pada dasarnya bersifat mengkonsumsi barang ataupun jasa serta tidak dapat membedakan antara keinginan dan kebutahan.
Kesimpulan penelitian ini adalah perilaku konsumtif dapat terjadi pada berbagai kalangan masyarakat, yang didorong oleh beberapa faktor dan mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Dan dengan melalui faktor interaksi sosial perilaku konsumtif dapat terbentuk. Saran penelitian adalah perilaku konsumtif harus dapat di minimalisir dengan harus mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan agar tidak terjadi masalah-masalah baru dari hal tersebut.
Kata Kunci: Interaksi sosial, Perilaku Konsumtif
No copy data
No other version available