Skripsi
Pengawasan Terhadap Kepala Sekolah SD oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya di Kecamatan Salawu
Skripsi ini berjudul Pengawasan Terhadap Kepala Sekolah SD oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya di Kecamatan Salawu. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis mengenai pentingnya peran pengawas sekolah sehingga kepala sekolah bisa menyelenggarakan pendidikan yang di pimpinnya sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan. Dalam pelaksanaannya pengawasan terhadap kepala sekolah belum berjalan dengan baik karena adanya kendala dalam aspek pengawasan langsung dan respon pengawas. Tujuan penelitian ini untuk meneliti dan menganalisis bagaimana proses pelaksanaan pengawasan tersebut. Teori yang digunakan dalam menganalisis proses pengawasan adalah teori dari Manullang (2006) dimana terdapat beberapa tahapan yang menentukan keberhasilan pelaksanaan pengawasan yaitu menentukan alat ukur, mengadakan penilaian, dan mengadakan tindakan perbaikan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data dengan cara studi kepustakaan dan studi lapangan yang meliputi observasi dan wawancara. Adapun dalam teknik menentukan informan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian dan pembahasan dalam penelitian ini masih mendapati masalah dalam ketiga aspek yang dikemukakan oleh Manullang (2006). Berdasarkan hasil penelitian, penulis meyimpulkan bahwa pengawasan terhadap kepala sekolah SD oleh dinas pendidikan kabupaten tasikmalaya di kecamatan salawu belum optimal dilaksanakan, karena belum sesuai dengan aspek tahapan pengawasan yang dikemukakan oleh Manullang. Saran yang diberikan, pengawas sekolah dinas pendidikan Kabupaten Tasikmalaya hendaknya melakukan pembinaan yang efektif kepada kepala sekolah SD. Kata kunci: Pengawasan, Pengawasan Pendidikan, Kepala Sekolah, Kabupaten Tasikmalaya, Kecamatan Salawu
No copy data
No other version available