Skripsi
Analisis Penerapan Blue Ocean Strategy pada PT. Asparindo Umrah Indonesia untuk Masyarakat Lingkungan Pasar
Minat masyarakat muslim Indonesia untuk melaksanakan ibadah umrah terus mengalami peningkatan setiap tahunnya, menyusul semakin panjangnya daftar antrean untuk pergi menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci. PT. Asparindo Umrah Indonesia merupakan perusahaan yang menawarkan jasa keberangkatan umrah untuk masyarakat lingkungan pasar. Dalam kesempatan kali ini penulis akan fokus pada salah satu strategi pengembangan jasa dan pemasaran yaitu, Blue Ocean Strategy. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana penerapan Blue Ocean Strategy Pada PT. Asparindo Umrah Indonesia untuk masyarakat lingkungan pasar (pedagang dan pengelola pasar). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan observasi, wawancara mendalam, triangulasi data. Informan dalam pengumpulan data ini adalah direktur utama, direktur marketing, dan direktur operasional PT. Asparindo Umrah Indonesia. Objek penelitian ini adalah Blue Ocean Strategy yang dilakukan oleh PT. Asparindo Travel Umrah untuk masyarakat lingkungan pasar. Hasil dari penelitian ini adalah penerpan Blue Ocean Strategy yang dilakukan PT. Asparindo Umrah Indonesia sudah cukup baik. Namun belum semua dimensi yang terdapat pada Blue Ocean Strategy dijalankan. Hal ini terlihat dari masih adanya dimensi – dimensi tersebut yang belum berjalan. Berdasarkan pembahasan dan analisis yang telah dipaparkan penulis pada bab empat mengenai penerapan blue ocean strategy pada PT. Asparindo Umrah Indonesia, maka peneliti merasa perlu memberikan saran sebagai berikut : 1. Perusahaan harus menyiapkan strategi agar kalau ada pesaing yang masuk ke arena tersebut PT. Asparindo Umrah Indonesia sudah memiliki cara untuk bersaing memenangkan pasar 2. Mengamati keunggulan dari produk dan jasa alternatif yang menjadi pesaing di dalam industri keberangkatan umrah juga perlu dilakukan perusahaan agar perusahaan dapat mengukur pelayanan apa yang masih kurang dan belum diciptakan sehingga para jamaah yang memakai jasa PT. Asparindo Umrah Indonesia untuk berangkat umrah merasa puas dan terus memakai jasa perusahaan tersebut bahkan merekomendasikan perusahaan tersebut kepada sanak keluarga atau kerabatnya. 3. Menciptakan aplikasi yang dapat diakses semua orang. Hal ini juga untuk menunjang pemasaran agar PT. Asparindo Umrah Indonesia semakin dikenal untuk selanjutnya semakin dipercaya oleh para jamaah.
Kata kunci : blue ocean strategy.
No copy data
No other version available