Skripsi
Penerapan Metode Stop Think Do pada Anak Remaja Awal yang Memiliki Permasalahan Malas Belajar
Penelitian ini berjudul “ Penerapan Metode Stop Think Do pada Anak Remaja Awal Yang Memiliki Permasalahan Malas Belajar”. Penelitian ini mendeskripsikan bagaimana kondisi subjek sebelum melakukan penerapan metode stop think do dan juga mendeskripsikan bagaimana kondisi subjek sesudah melakukan penerapan metode stop think do. Metode dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode action research dengan pendekatan partisipatif untuk membantu menyelesaikan masalah malas belajar pada subjek remaja awal. Teknik pengumpulan data yang digunakan diantaranya adalah, sumber data primer merupakan hasil wawancara, dan hasil dari penerapan model stop think do pada anak remaja awal. Sumber data berikutnya adalah sumber data sekunder data sekunder merupakan hasil dari pengumpulan data dari sekolah merupakan nilai akademik subjek dan terakhir sumber data literatur merupakan hasil dari jurnal dan artikel untuk memperkuat data penelitian action research. Berdasarkan hasil penelitian, latar belakang pada fase remaja awal senang sekali menghabiskan waktu luang bersama teman-teman, gadget, serta laptop untuk bermain game atau menonton tv. Akan tetapi, jika pada fase remaja awal tidak bisa mengimbangi waktu luang dengan waktu belajar subjek akan berdampak negatif. Subjek menjadi anak yang malas karena tidak ada dorongan motivasi diri serta kesadaran diri untuk melawan rasa malas. Oleh sebab itu diperlukan adanya tindakan untuk mengubah kebiasaan anak remaja awal untuk memiliki kesadaran diri serta memelihara melawan rasa malas pada diri anak remaja awal.
Kata kunci : metode stop think do, anak remaja awal, malas belajar.
No copy data
No other version available