Skripsi
Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan dalam Pembuatan Kartu Keluarga di Kabupaten Bandung Barat Tahun 2014
Penelitian ini berjudul Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Dalam Pembuatan Kartu Keluarga (KK) Di Kabupaten Bandung Barat Tahun 2014 yang dilatarbelakangi karena akses maupun pungli (pungutan liar) dalam pelayanan Kartu Keluarga (KK) yang dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat tahun 2014. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data baik primer maupun sekunder diperoleh melalui observasi, wawancara, studi pustaka, dan dokumentasi selama peneletian. Penentuan informan ditentukan dengan teknik purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan administrasi kependudukan khususnya dalam pembuatan Kartu Keluarga (KK) masih memiliki beberapa pelanggaran seperti pungutan liar (Pungli) dan kualitas Pegawai Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat belum begitu baik. Masih terlihat beberapa masalah-masalah yang berkaitan dengan penampilan pegawai, kemampuan melayani dan sikap pegawai. Kemudian, masalah waktu pelayanan, sarana masyarakat untuk menyampaikan keluhan dan program kendaraan keliling administrasi kependudukan yang belum berjalan optimal. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kualitas pelayanan pembuatan kartu keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat tahun 2014 masih belum baik, sehingga Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil harus menyelesaikan segala permasalahan berkaitan dengan pelayanan administrasi kependudukan dalam pembuatan kartu keluarga (KK) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Bandung Barat. Kata Kunci: Kualitas, Disdukcapil, Kartu Keluarga
No copy data
No other version available