Skripsi
Kebijakan Luar Negeri Indonesia dalam Melakukan Moratorium Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ke Arab Saudi
Skripsi ini merupakan hasil penelitian mengenai responsivitas pelayanan jasa rawat inap kelas III di RSU Negara Kabupaten Jembrana. Latar belakang yang mendasari penulisan skripsi ini berdasarkan hasil wawancara dan observasi awal, penulis menemukan adanya indikasi masalah bahwa pelayanan kesehatan masih belum memuaskan. Penulis menduga hal tersebut terjadi dikarenakan masih belum optimalnya kualitas pelayanan jasa rawat inap kelas III bagi pasien. Untuk mengukur kualitas pelayanan, penulis menggunakan teori dari Carlson dan Schwartz mengemukakan delapan dimensi kualitas pelayanan, yaitu Convenience (kemudahan), Security (keamanan), Reliability (keandalan), Personal Attention (perhatian kepada pribadi), Problem Solving Approach (pendekatan pemecahan masalah), Fairness (keadilan), Fiscal Responsibility (tanggung jawab fiskal), Citizens Influence (mempengaruhi masyarakat). Metode yang digunakan dalam penilisan skripsi ini yaitu metode deskriptif dengan analisa kuantitaif, dengan teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan studi lapangan (observasi,wawancara dan angket). Peneliti akan menggunakan teknik Purposive Sampling merupakan teknik penentuan sampel dengan pertimbangan khusus sehingga layak dijadikan sampel. Adapun pertimbangan khusus dari penelitian ini yaitu peneliti ingin meneliti Responsivitas Pelayanan Publik, maka sumber data yang relevan yaitu pasien rawat inap kelas III Rumah Sakit Umum Daerah Negara yang di ambil rata-rata satu minggu sebanyak 74 responden. Untuk mengetahui kualitas pelayanan penulis mengelola data dengan menggunkan skala Likert. Dari hasil pembahasan yang penulis lakukan pada Bab IV dapat ditarik kesimpulan bahwa responsivitas pelayanan dapat berjalan dengan sangat baik jika memenuhi dimensi-dimensi kualitas pelayanan. Hal tersebut terlihat dari adanya penilaian kualitas pelayanan yang sedang dan masih ada beberapa dimensi yang belum baik. Selain itu penulis menemukan beberapa faktor penyebab tidak efektifnya kualitas pelayanan jasa rawat inap kelas III di RSU Negara Kabupaten Jembrana. Hal tersebut menunjukan bahwa responsivitas pelayanan kesehatan di RSU Negara Kabupaten Jembrana harus lebih ditingkatkan sehingga tingkat kepuasan pasien tercapai dengan optimal.
Kata kunci : Responsivitas; Pelayanan Publik; Rumah Sakit.
No copy data
No other version available