Skripsi
Aliansi Strategis Garuda Indonesiaskyteam Bagi Industri Penerbangan Nasional
Garuda Indonesia merupakan badan usaha milik negara Indonesia terbesar di bidang transportasi udara yang telah beroperasi sejak tahun 1950. Di tahun 2005, jumlah penumpang dan frekuensi penerbangan Garuda Indonesia cenderung mengalami penurunan. Tingginya kompetisi di industri penerbangan nasional merupakan salah satu penyebab terjadinya hal ini dan membuat Garuda Indonesia menyusun strategi baru, salah satunya dengan cara bergabung dengan aliansi penerbangan dunia SkyTeam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana aliansi strategis Garuda Indonesia dengan SkyTeam bagi industri penerbangan nasional. Peneliti menggunakan konsep aliansi strategis dalam bisnis internasional pada buku International Business yang ditulis oleh Ricky W. Griffin dan Michael W. Pustay sebagai tinjauan pustaka. Konsep tersebut digunakan untuk mengetahui bagaimana keuntungan yang diperoleh Garuda Indonesia dari aliansi strategisnya dengan SkyTeam dan bagaimana kontribusinya bagi industri penerbangan nasional. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif, sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan pengumpulan dokumen terkait dengan kemitraan Garuda Indonesia dengan SkyTeam. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa Garuda Indonesia dapat meningkatkan frekuensi penerbangannya pasca bergabung dengan SkyTeam selama periode Maret 2014-2015. Pasca kemitraan tersebut, Garuda Indonesia memberikan kontribusi yang besar terhadap industri penerbangan nasional. Kata kunci: Aliansi strategis, Garuda Indonesia, SkyTeam, Industri penerbangan nasional
No copy data
No other version available