Skripsi
Implementasi Program Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung
Skripsi ini menggambarkan hasil penelitian mengenai Implementasi Program Pendidikan Inklusi di SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan penulis tentang pentingnya Anak Berkebutuhan Khusus di Kota Bandung khususnya di SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung. Implementasi program pendidikan inklusi belum berjalan dengan efektif, hal ini terjadi karena beberapa aspek dalam implementasi program pendidikan inklusi di Kota Bandung masih menemui kendala yang tidak sedikit sehingga tidak sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Aspek-aspek kendala tersebut diantaranya yaitu sumber daya yang kurang memadai dan belum meratanya penddikan inklusi yang diterima oleh Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung sehingga menyebabkan kebijakan pendidikan inklusi tersebut belum berjalan degan efektif. Teori yang digunakan dalam menganalisis bagaimana program ini dilaksanakan adalah Implementasi Kebijakan oleh Marilee S. Grindle dimana implementasi kebijakan perlu memperhaikan aspek isi kebijakan dan konteks kebijakan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui studi pustaka dan studi lapangan (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Adapun penentuan informan menggunakan teknik purposive dan accidental. Selanjutnya, penulis melakukan analisis dan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pembahsan dalam penelitian ini mendapati perubahan-perubahan yang positif dimana adanya penglaman dan kemampuan baru yang diterima oleh guru, serta masyarakat yang sudah mulai menerima dan memahami adanya layanan pendidikan inklusi khususnya di sekitar lingkungan SDN 138 Gegerkalong Girang Kota Bandung. namun dari perubahan-perubahan yang positif tersebut ditemukan pula masalah-masalah diantaranya dari aspek sumber daya manusia, sumber daya finansial dan daya tanggap.
Kata kunci : Implementasi Program, Pendidikan Inklusi, Anak Berkebutuhan Khusus.
No copy data
No other version available