Skripsi
Strategi Pengembangan Kawasan Cagar Budaya sebagai Kawasan Destinasi Wisata Cibadak Culinary Night Kota Bandung
Penelitian ini berjudul “Strategi Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Sebagai Kawasan Destinasi Wisata Cibadak Culinary Night Kota Bandung”. penelitian ini di latar belakangi kurangnya strategi pengembangan pariwisata di kawasan destinasi wisata Cibadak Culinary Night dalam menarik wisatawan untuk berkunjung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Bagaimana Strategi Pengembangan Kawasan Cagar Budaya Sebagai Kawasan Destinasi Wisata Cibadak Culinary Night Kota Bandung. Penulis melakukan analisis menggunakan teori Swarbrooke (1996) dalam Buku Dewi Haryani (2007) yang mengemukakan bahwa pengembangan pariwisata merupakan sesuatu rangkaian upaya untuk mewujudkan keterpaduan dalam penggunaan berbagai sumber daya pariwisata mengintegritas segala bentuk aspek diluar pariwisata yang berkaitan secara langsung maupun tidak langsung terhadap kelangsungan pariwisata mempengaruhi perkembangan objek wisata atau produk jasa wisata, antara yaitu karakteristik objek wisata, aksesibilitas, dan pengelolaan objek wisata. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara mendalam, dokumen-dokumen dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini bahwa strategi pengembangan kawasan cagar budaya sebagai kawasan destinasi wisata cibadak culinary night Kota Bandung belum sesuai dengan variabel-variabel yang telah dikemukakan oleh Swarbrooke (1996). Bila dilihat dari strategi pengembangan untuk destinasi masih ada kondisi lingkungan yang belum memadai, masih belum optimalnya aksesibilitas menuju kawasan destinasi wisata Cibadak Culinary Night, masih kurangnya promosi kawasan destinasi wisata Cibadak kepada masyarakat luas, dan kurangnya sumber daya manusia yang mendukung pelaksanaan strategi pengembangan kawasan cagar budaya sebagai kawasan destinasi wisata yang sangat berpengaruh pada keberhasilan sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
Kata kunci : Strategi, Pengembangan, Kawasan Cagar Budaya, Pariwisata.
No copy data
No other version available