Skripsi
Sosialisasi Peran Gender pada Anak dalam Keluarga : studi Deskriptif pada Keluarga di Kelurahan Curug Mekar Kecamatan Bogor Barat Kota Bogor
Tujuan penenlitian ini menggambarkan sosialisasi peran gender orangtua pada anak usia sekolah pada keluarga di Kelurahan Curug Mekar RT/RW: 01/04 Kota Bogor. Sosialisasi peran gender tersebut dikaji berdasarkan teori belajar sosial dalam menjelaskan proses sosialisasi kepada anak usia sekolah yang mencangkup proses modeling, penguatan, serta imitasi. Gambaran sosialisasi peran gender yang diberikan orangtua kepada anak usia sekolah dengan beberapa aspek yang ditelilti. Aspek yang diteliti yakni diantaranya pemaknaan identitas gender orangtua, pemisahan peran domestik dan publik orangtua di rumah, dan bentuk modeling serta penguatan gender di keluarga.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan wawancara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah 5 (lima) orang yang terdiri dari 3 (tiga) orang sebagai orangtua ibu, dan 2 (dua) orang merupakan dari pihak laki-laki (ayah/suami).Hasil penelitian ini menemukan bahwa kecenderungan presepsi orangtua yang stereotip gender dalam mensosialisasikan nilai-nilai yang terdapat dalam atribut sosial, sikap dan peran pada laki-laki dan perempuan serta kecenderungan dalam sosialisasi peran domesik danpublik yang dibagi berdasarkan gender anak. Sosialisais yang diberikan baik melalui modeling dan penguatan menunjukkan keselarasan dengan padangan orangtua yang cenderung membagi peran domestik-publik bagi laki-laki dan perempuan. Saran dari penulis terkait penelitian ini adalah edukasi gender dan kemitraan gender untuk membuka wawasan orangtua terkait dengan hubungan gender dalam keluarga.
Kata kunci : Sosialisasi, gender, anak usia sekolah.
No copy data
No other version available