Skripsi
Pilihan Rasional Pengrajin dalam Pemasaran Produk Di RW 01 Desa Cipacing, Kecamatan Jatinangor
Tujuan dari penelitian ini untuk menjelaskan bagaimana pilihan rasional pengrajin RW 01 Desa Cipacing dalam memasarkan produk yang mereka hasilkan. Penelitian ini menggunakan teori pilihan rasional oleh J. Coleman dimana aktor menentukan pilihan-pilihannya berdasarkan pilihan yang tersedia, dan sumber daya yang dimiliki, untuk menggapai tujuan mereka, konsep industri kreatif, konsep pasar, dan konsep masyarakat pengrajin. Dalam mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumen. Wawancara mendalam dilakukan dengan pengrajin RW 01 Desa Cipacing, pihak UMKM, dan ketua pelaksana Social Day 2016 yang menggalakkan program pengenalan e-commerce, serta pemberian e-commerce secara gratis selama setahun. Penelitian ini menunjukkan bahwa pengrajin lebih memilih untuk memasarkan produknya dengan cara yang sudah biasa mereka lakukan bertahun-tahun, yaitu dengan memasarkan ke art shop langganan maupun art shop pribadi mereka, atau maupun membuka lapak sendiri. Pengrajin yang memiliki smartphone juga tetap memilih memasarkan produk mereka secara offline, dikarenakan kekurangan-kekurangan penjualan secara online seperti produk yang maksimal hanya dapat dipesan 5 buah, dan ongkos kirim yang ditanggung oleh penjual.
Kata kunci : Pilihan Rasional, Pengrajin, Industri Kreatif, Pemasaran Produk.
No copy data
No other version available