Skripsi
PERILAKU BELANJA IBU RUMAH TANGGA PADA PASAR TRADISIONAL
Ibu rumah tangga melakukan kegiatan belanja pada pasar modern maupun
pasar tradisional. Penelitian ini memfokuskan pada perilaku belanja Ibu rumah
tangga yang melakukan kegiatan pembelian kebutuhan pangan pada pasar
tradisional. Kelas sosial merupakan faktor yang mempengaruhi perilaku
konsumen dan setiap kelas sosial akan memunculkan perilaku belanja yang
berbeda. Selain itu, faktor sosial-budaya juga mempengaruhi perilaku konsumen.
Dalam penelitian ini, peneliti menganalisis pola perilaku belanja Ibu rumah
tangga pada pasar tradisional berdasarkan faktor pendapatan dan sosial-budaya.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan alat bantu sensus.
Sensus dilakukan guna mendapatkan informan yang sesuai dengan kriteria
penelitian. Metode kualitatif yang dilakukan yaitu pengumpulan data melalui hasil
wawancara serta observasi terhadap informan terpilih dan menganalisisnya secara
kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat pendapatan dan sosial-budaya
mempengaruhi pola perilaku belanja Ibu rumah tangga. Faktor sosial-budaya
menjadi faktor yang paling dominan mempengaruhi perilaku belanja Ibu rumah
tangga.
Kata Kunci: Perilaku konsumen, faktor kelas sosial, pendapatan, belanja.
No copy data
No other version available