Skripsi
Kinerja Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) Bandung dalam Pelayanan Pengaduan Kasus TKI
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya kasus TKI yang menimpa TKI asal Jawa Barat dan kasus-kasus ini merupakan tanggung jawab dari BP3TKI Bandung yang mengurus segala bentuk penempatan dan perlindungan TKI asal Jawa Barat. Tujuan penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengetahui dan menganalisis mengapa Kinerja Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan BP3TKI Bandung dalam Pelayanan Pengaduan kasus TKI belum efektif. Teori yang penulis gunakan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor kinerja organisasi dari Agus Dwiyanto, yang mengatakan bahwa kinerja dapat di nilai dari pengaruh, (1) Sarana-Prasarana, (2) Sumber Daya Manusia, (3) Koordinasi Antar Unit, (4) Pengguna Jasa, (5) Kelengkapan Administrasi, dan (6) Koordinasi dengan Instansi Lain. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, studi literature, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja Seksi Perlindungan dan Pemberdayaan dalam pelayanan pegaduan kasus TKI sudah cukup bagus namun belum efektif. Dari penilaian 6 faktor kinerja, terdapat 3 faktor (Koordinasi Antar Unit, Pengguna Jasa, Kelengkapan Administrasi) yang telah menjadi pendukung karena koordinasi yang dibangun sudah baik, pelayanan yang diberikan maksimal dan dokumen administrasi yang dibutuhkan sudah lengkap. Namun terdapat 3 faktor (sarana-prasarana, Sumber Daya Manusia, dan Koordinasi dengan Instansi Lain) yang menjadi penghambat keefektifan kinerja pelayanan pengaduan kasus TKI dikarenakan belum optimalnya pengadaan komputer dan jaringan internet untuk pelayanan pengaduan kasus TKI yang telah berbasis sistem online, dan belum menyebarnya ketersediaan layanan pengaduan di setiap daerah pengiriman TKI. Selain itu, masih kurangnya penempatan jumlah pegawai di pelayanan pengaduan Kasus TKI karena tugas yang di tanggung pegawai saat ini telah melampaui beban kerja seharusnya. Terakhir, masih kurangnya koordinasi dengan instansi lain untuk penyelesaian kasus dan pencarian data TKI karena tidak adanya respon balik dari dinas/instansi terkait.
Kata kunci : Kinerja Organisasi, BP3TKI Bandung, Pelayanan Pengaduan Kasus TKI.
No copy data
No other version available