Manuscript
Scoping Review Efektivitas Penggunaan Virtual Reality dalam Pendidikan Kedokteran Gigi
Pendahuluan: Dalam bidang pendidikan, manfaat perkembangan teknologi berdampak baik pada
meningkatnya proses pembelajaran. Salah satu teknologi yang digunakan dalam proses pembelajaran
adalah virtual reality (VR). Pendidikan kedokteran gigi merupakan kombinasi dari teori, laboratorium,
dan praktik klinis. Tantangan dalam pendidikan kedokteran gigi adalah penguasaan pengetahuan
teoritis yang membutuhkan imajinasi spasial, dan pelatihan yang terpusat pada pasien. Pelatihan
mahasiswa pre-klinik dan klinik sangat penting untuk mengembangkan keterampilan motorik halus
dalam mempersiapkan mahasiswa kedokteran gigi dalam profesi dokter gigi. Tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mendapatkan informasi terkait efektivitas penggunaan VR dalam pembelajaran di
kedokteran gigi. Metode: Tinjauan pustaka ini menggunakan metode Scoping review. Pencarian artikel
dilakukan pada satu database elektronik yaitu Scopus. Kriteria inkusi mencakup artikel dengan
percobaan yang dilakukan pada mahasiswa kedokteran gigi baik itu pre-klinik, klinik, dan mahasiswa
yang telah lulus dari pendidikan kedokteran gigi terkait pembelajaran di kedokteran gigi menggunakan
virtual reality (VR), penelitian yang terdiri dari perangkat head mounted displays (HMD) dan perangkat
haptic interfaces, dipublikasikan dari tahun 2017 – 2022, dan berbahasa Inggris. Hasil: Penelusuran
tahap awal memperoleh 60 artikel. Setelah proses seleksi menggunakan diagram alur PRISMA-ScR,
sebanyak 5 artikel diambil untuk ditelaah. Simpulan: Efektivitas penggunaan VR dalam pembelajaran
di kedokteran gigi cukup bervariasi, VR memiliki potensi dan dampak positif sebagai media
pembelajaran komplementer di kedokteran gigi namun bukan sebagai substitusi dari pembelajaran
konvensional menggunakan phantom heads ataupun pasien nyata. Hanya satu artikel yang
menyatakan bahwa VR kurang efektif digunakan dalam pembelajaran di kedokteran gigi dibandingkan
dengan pembelajaran konvensional.
Kata kunci: Dental education, Efektivitas, Haptic interfaces, Scoping review, Virtual reality
No copy data
No other version available