Manuscript
Tingkat Kepatuhan Tenaga Kesehatan dalam Memberikan Pelayanan di Paviliun Padjadjaran RSGM Universitas Padjadjaran Menggunakan Indikator Mutu
Pendahuluan: Rumah sakit merupakan institusi yang memberikan pelayanan kesehatan dan memiliki
kriteria yang ditetapkan untuk menilai kualitas pelayanan yang telah diberikan. Indikator mutu dapat
digunakan untuk menilai dan membantu proses peningkatan mutu pelayanan kesehatan. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepatuhan tenaga kesehatan dalam memberikan
pelayanan di Paviliun Padjadjaran RSGM Unpad menggunakann indikator mutu. Metode: Jenis
penelitian deskriptif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian adalah seluruh tenaga
kesehatan yang bertugas di Paviliun Padjadjaran RSGM Universitas Padjadjaran. Sampel penelitian
terdiri dari 35 dokter gigi spesialis dan 5 Terapis Gigi dan Mulut yang bertugas di Paviliun Padjadjaran
selama bulan April 2022 dan dipilih menggunakan teknik total sampling. Pengambilan data dilakukan
dengan menggunakan kriteria indikator mutu yang ditetapkan oleh RSGM Unpad. Target pencapaian
indikator mutu kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan, kepatuhan terhadap clinical
pathway, dan kepatuhan penggunaan APD adalah sebesar 100%. Target pencapaian waktu tunggu rawat
jalan ≤60 menit, dan target kepatuhan penggunaan formularium nasional sebesar ≥80%. Hasil:
Pencapaian kepatuhan identifikasi pasien sebesar 43%. Rata-rata waktu tunggu pasien rawat jalan
sebesar 51,6 menit. Kepatuhan penggunaan formularium nasional sebesar 100%. Kepatuhan kebersihan
tangan sebesar 75%. Kepatuhan terhadap clinical pathway sebesar 91% dan kepatuhan penggunaan
Alat Pelindung Diri (APD) sebesar 92%. Simpulan: Tingkat kepatuhan tenaga kesehatan dalam
memberikan pelayanan di Paviliun Padjadjaran masih banyak yang belum mencapai target dan hanya
waktu tunggu rawat jalan serta kepatuhan penggunaan formularium nasional yang sudah mencapai
target, sedangkan kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan, kepatuhan terhadap
clinical pathway, dan kepatuhan penggunaan APD masih belum mencapai target.
Kata Kunci: Kepatuhan, tenaga kesehatan, pelayanan kesehatan, indikator mutu
No copy data
No other version available