Manuscript
Gambaran Kepatuhan Tenaga Kesehatan terhadap Keselamatan Pasien di Poliklinik Ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran
Pendahuluan: Poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas
Padjadjaran (RSGM Unpad) merupakan unit rawat jalan yang menyediakan
pelayanan dan perawatan maloklusi sebagai salah satu dari lima penyakit terbesar
di RSGM Unpad pada tahun 2021. Peningkatan mutu pelayanan di poliklinik
ortodonti dengan cara menerapkan standar keselamatan pasien perlu dilakukan
untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetahui gambaran kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di
poliklinik ortodonti Rumah Sakit Gigi dan Mulut Universitas Padjadjaran. Metode:
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian observasional deskriptif dengan
teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan melakukan
pengamatan dan penilaian terhadap 87 tenaga kesehatan di Poliklinik Ortodonti
RSGM Unpad pada bulan Maret – April tahun 2022. Hasil: Hasil dari enam
indikator mutu untuk mengetahui kepatuhan terhadap keselamatan pasien adalah
sebagai berikut: (1) Kepatuhan identifikasi pasien sebesar 31,03%; (2) Waktu
tunggu rawat jalan sebesar 30 menit; (3) Kepatuhan penggunaan formularium
nasional yang tidak dapat ditentukan kepatuhannya; (4) Kepatuhan kebersihan
tangan sebesar 12,64%; (5) Kepatuhan terhadap clinical pathway sebesar 83,33%;
(6) Kepatuhan terhadap penggunaan APD sebesar 13,79%. Simpulan: Gambaran
kepatuhan tenaga kesehatan terhadap keselamatan pasien di poliklinik ortodonti
RSGM Unpad pada indikator kepatuhan waktu tunggu rawat jalan adalah patuh dan
pada indikator kepatuhan identifikasi pasien, kepatuhan kebersihan tangan,
kepatuhan terhadap clinical pathway dan kepatuhan penggunaan APD adalah tidak
patuh, sedangkan kepatuhan penggunaan formularium nasional tidak dapat
ditentukan.
Kata kunci: Gambaran Kepuasan Pelayanan, Pelayanan Ortodonti, Kepuasan
Pasien
No copy data
No other version available