Manuscript
Pengembangan Media Pembelajaran Pemeliharan Kesehatan Gigi dan Mulut Pada Remaja Disertai Penerapan Augmented Reality
ABSTRAK
Latar Belakang: Promosi kesehatan dalam kedokteran gigi ditargetkan pada penyakit gigi dan
mulut yang paling umum, salah satunya yaitu karies. Masa remaja merupakan masa yang ideal bagi
tenaga kesehatan untuk menginvestasikan waktunya dalam promosi kesehatan. Penggunaan
teknologi sangat dibutuhkan untuk menunjang pendidikan. Penggunaan AR dapat memperjelas
informasi yang akan diberikan karena ditampilkan secara real time seolah-olah informasi tersebut
interaktif dan nyata. Dalam pengembangan media pembelajaran yang berkualitas diperlukan sebuah
perencanaan. Evaluasi merupakan salah satu tahapan yang sangat penting dalam proses
pengembangan. Evaluasi dimaksudkan untuk mengetahui kualitas media pembelajaran yang dibuat.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini bertujuan memperoleh gambaran hasil evaluasi media
pembelajaran pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut pada remaja disertai penerapan augmented
reality. Metode: Penelitian dan pengembangan dilakukan menggunakan model APPED yaitu
Analisis, Perancangan, Pengembangan, Evaluasi, Diseminasi. Penelitian pengembangan dilakukan
hingga tahan evaluasi alpha testing dengan metode campuran (mix methode reseach). Hasil: Hasil
penelitian pengembangan evalusi alpha testing oleh pakar (expert judgment) diperoleh informasi
bahwa, (1) Validasi isi materi diperoleh persentase 86,875% dan validasi aplikasi diperoleh
persentase 70,55. (2) Uji reliabilitas dengan Fleiss kappa diperoleh -0,85 dan -0,14 yang menunjukan
kesepakatan yang buruk antar pakar (3) Dilakukan revisi kemudian divalidasi kembali dengan FGD
sehingga diperoleh kesepakatan antar pakar dan produk telah layak diuji coba kepada target
pengguna setelah dilakukan revisi. Simpulan: Media pembelajaran pemeliharaan kesehatan gigi dan
mulut dengan penerapan augmented reality yang dikembangkan dengan model APPED hingga tahap
evaluasi alpha testing menghasilkan media pembelajaran yang valid dan reliabel.
KATA KUNCI : Media Pembelajaran, Augmented Reality, Kesehatan Gigi dan Mulut, Remaja
ABSTRACT
Background: Health promotion in dentistry is targeted at the most common oral diseases, one of
which is dental caries. Adolescence is an ideal period for health workers to use their time in health
promotion. The use technology is needed to support education. The use of AR technology can clarify
the information to be provided because it is displayed in real time as if the information is interactive
and real. In developing quality media of learning, a plan is needed. Evaluation is one of the most
important stages in the development process. Evaluation is intended to determine the quality of the
learning media made. The purpose of this study was to obtain an overview of the results of the
evaluation of learning media for dental and oral health maintenance in adolescents accompanied
by the application of augmented reality. Methods: Research and development was carried out using
the APPED model, namely Analysis, Design, Development, Evaluation, Dissemination.
Development research is carried out to withstand the evaluation of alpha testing with mix method
research. Results: The results of the research on the development of alpha testing evaluation by
experts showed, (1) the construct validation of the material obtained a percentage of 86.875% and
the application obtained a percentage of 70.55. (2) The reliability test with Fleiss kappa obtained -
0.85 and -0.14 which shows poor agreement between experts. (3) Revision is carried out and then
No copy data
No other version available