Skripsi
Perbedaan Harapan Pasien Terhadap Perawatan Ortodonti Menggunakan Alat Cekat dan Lepasan di RSGM Unpad
Pendahuluan: Harapan merupakan faktor psikologis penting, yang dapat mempengaruhi evaluasi pasien terhadap kualitas dari perawatan atau kepuasan terhadap hasil perawatan. Harapan pasien terhadap perawatan ortodonti penting diketahui sebelum dilakukan perawatan karena merupakan salah satu penentu utama dari kepuasan pasien terhadap hasil maupun proses perawatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan harapan pasien terhadap perawatan ortodonti menggunakan alat cekat dan lepasan serta antara pasien perempuan dan laki-laki di RSGM Unpad. Metode: Metode penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif analitik. Sampel sebanyak 50 pasien baru (25 pasien indikasi alat ortodonti cekat dan 25 pasien indikasi alat ortodonti lepasan) yang mendatangi Klinik Ortodonti RSGM Unpad diperoleh dengan teknik purposive sampling. Pasien menyelesaikan pengisian kuesioner harapan terhadap perawatan ortodonti, kemudian hasil diolah dan dianalisis dengan uji t-test. Hasil: Harapan pasien indikasi alat cekat dan lepasan menunjukkan beberapa perbedaan signifikan yaitu pada harapan terhadap pemeriksaan rontgen gigi pada kunjungan pertama, manfaat perawatan untuk merapikan gigi, memudahkan makan, meningkatkan peluang karier, dan memberikan rasa percaya diri secara sosial. Harapan pasien terhadap perawatan ortodonti antara pasien perempuan dan laki-laki menunjukkan perbedaan yang signifikan hanya pada aspek manfaat perawatan ortodonti untuk memudahkan makan. Simpulan: Terdapat perbedaan yang signifikan antara harapan pasien indikasi alat cekat dan lepasan pada beberapa aspek harapan terhadap perawatan ortodonti, dengan harapan pasien indikasi alat ortodonti cekat cenderung lebih tinggi. Selain itu, harapan pasien laki-laki terhadap perawatan ortodonti untuk memudahkan makan lebih tinggi daripada pasien perempuan.
No copy data
No other version available