Skripsi
Perbandingan Efektivitas Media Audio Visual dan Simulasi terhadap Keterampilan Cara Menyikat Gigi Siswa SDN Ciganitri 2
Pendidikan kesehatan gigi dan mulut bertujuan agar masyarakat mampu untuk memelihara kesehatan gigi dan mulut, salah satunya menyikat gigi. Media pada pendidikan dapat menentukan keberhasilan. Seiring berkembangnya teknologi, media audio visual juga makin berkembang. Tujuan penelitian ini adalah membandingkan efektivitas media audio visual berupa film animasi dan media simulasi berupa model gigi terhadap keterampilan cara menyikat gigi.
Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental bersifat komparatif analitik. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. 40 siswa SDN Ciganitri 2 yang berumur 12 tahun ikutserta dalam penelitian ini. Siswa dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama mendapat pendidikan dengan film animasi dan kelompok kedua mendapat pendidikan dengan model gigi. Pengukuran keterampilan menyikat gigi siswa dilakukan dengan pre-test dan post-test.
Data dihitung dengan paired t test pada masing-masing kelompok dan didapatkan nilai thitung sebesar 6,79 untuk kelompok film dan 8,38 untuk kelompok model. Dengan independent t test antara kedua kelompok didapatkan thitung sebesar 0,33 dengan p-value>0,05 yang artinya Ho diterima.
Kesimpulannya baik media audio visual maupun media simulasi efektif dalam meningkatkan keterampilan menyikat gigi. Diantara keduanya tidak terdapat perbedaan signifikan antara efektivitas media audio visual dan media simulasi terhadap keterampilan cara menyikat gigi siswa.
No copy data
No other version available