Text
PENGARUH SHARIAH COMPLIANCE, TRANSPARANSI, DAN AKUNTABILITAS PADA BANK UMUM SYARIAH TERHADAP MARKET SHARE BANK UMUM SYARIAH
Setelah dua dekade lebih bank syariah berjalan, ternyata bank syariah masih belum menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan transaksi keuangan dimana pangsa pasar (market share) perbankan syariah terhadap industri perbankan nasional belum mencapai 5%.
Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah kepatuhan syariah atau shariah compliance, transparansi, dan akuntabilitas sebagai variabel independen berpengaruh terhadap pertumbuhan market share sebagai variabel dependen. Penelitian ini juga melibatkan dua variabel kontrol yakni BOPO dan marketing expense. Sampel pada penelitian ini adalah 8 bank umum syariah yang terdaftar di Bank Indonesia. Sumber data pada penelitian ini adalah data sekunder berupa GCG Report,laporan tahunan, dan laporan keuangan per triwulan dengan periode selama 5 tahun. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda.
Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa secara simultan shariah compliance, transparansi, akuntabilitas, BOPO, dan marketing expense berpengaruh terhadap market share. Sementara secara parsial, shariah compliance dan marketing expense berpengaruh positif terhadap market share, Akuntabilitas berpengaruh negatif terhadap market share, sedangkan transparansi dan BOPO tidak berpengaruh terhadap market share.
Kata kunci: shariah compliance, transparansi, akuntabilitas, BOPO, marketing expense, market share, bank syaria
No copy data
No other version available