Skripsi
PELINDUNGAN INDIKASI ASAL TAHU CIBUNTU SEBAGAI PRODUK KHAS DAERAH BANDUNG JAWA BARAT YANG DIJUAL SECARA CURAH DIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANG NO. 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS DAN
PELINDUNGANINDIKASI ASALTAHU CIBUNTUSEBAGAI PRODUK KHAS DAERAH BANDUNG JAWA BARAT YANG DIJUAL SECARA CURAHDIKAITKAN DENGAN UNDANG-UNDANGNO. 20 TAHUN 2016 TENTANG MEREK DAN INDIKASI GEOGRAFIS DAN UNDANG-UNDANGNO.8 TAHUN 1999 TENTANG PERLINDUNGANKONSUMENMuhammad Rizky Saputra110110140257ABSTRAKDengan melimpahnya sumber daya alam, Indonesia yang juga terkenal dengan pulau-pulaunya merupakan salah satu negara yang kemudian memilikipotensi alam yang luar biasa berupa keragamanhayati maupun nabati yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis dandapat mencirikian geografis atau asal produknya melaluikeunikan yang dimiliki masing-masing produknya. Salah satunya Kota Bandungyangmemiliki kuliner yang berbahan dasar kedelai yang telah dikenal yaituTahu Cibuntu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah Indikasi Asal dapat melindungi Tahu Cibuntudari penjualan tahu curah atau eceransebagai produk daerah ditinjau dariUndang-UndangNomor 20 Tahun 2016 tentang Merek dan Indikasi Geografisdan juga dampaknya terhadap konsumen ditinjau dariUndang-Undang No.8 Tahun 1999 tentang perlindungan konsumen.Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis normatif yang dipadukan dengan yuridis sosiologis penelitian yang bertujuan memperoleh pengetahuan hukum secara empiris dengan caraterjun langsung ke obyeknyayang kemudian data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode deskriptif analitisyang dipadukan dengan studi komparatif. Berdasarkan Undang-Undang Merek dan Indikasi Geografis Tahu Cibuntu sebagai suatu produk potensial daerah Bandung Jawa Barat sudah memenuhi syarat untuk mendapatkan pelindungan Indikasi Asal, dan kemudian penghilangan identitas dalam proses jual/beli secara curah atau eceran merupakan sebuah pelanggaran terhadap hak-hak konsumen yang dijelaskan Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen karena tidak memberikaninformasi mengenai produk yang diperdagangkan. Informasi dalam kemasan berfungsiagar pedagang tidak berlaku curang terhadap konsumen.
No copy data
No other version available