Skripsi
ANALISIS PENGARUH LAYANAN ASPIRASI DAN PENGADUAN ONLINE RAKYAT (LAPOR) DI KOTA BANDUNG TERHADAP PELAYANAN PUBLIK DI SEKTOR ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 25 TAHUN 2009 TENTANG PELAYANAN PUBLIK
Dalam rangka mewujudkan kualitas pelayanan publik yang semakin
baik, pemerintah Indonesia mengikutsertakan partisipasi masyarakat dalam
sebuah layanan pengaduan masyarakat berbasis online yaitu Layanan
Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). LAPOR merupakan
layanan pengaduan masyarakat yang diselenggarakan oleh Unit Kerja
Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4)
untuk membantu mengawasi kinerja pemerintah dalam pelaksanaan
pelayanan publik yang prima dan melaksanakan pula konsep good
governance serta untuk mengetahui kepastian hukum dari pelaksanaan
LAPOR ini sebagai sarana untuk mencapai terjadinya good governance di
Kota Bandung.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
pendekatan yuridis-empiris yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif.
Data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder sebagai
data utama dan dengan menggunakan teknik pengumpulan data studi
kepustakaan, ditunjang dengan data primer yang diperoleh dengan studi
lapangan.
Hasil dari penelitian ini, kedudukan hukum dari Layanan Aspirasi dan
Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) merupakan amanat sebagai “sarana”
dari pelaksanaan konsep good governance yang ditinjau dari perspektif
Undang-Undang Pelayanan Publik. Sedangkan kontribusi yang dapat
diberikan dari pelaksanaan LAPOR ini dapat dilihat dari segi kesesuaian
fitur sudah berusaha semua prinsip layanan aduan dan good governance
serta dari segi implementasi lebih cepat ditanggapi dan didisposisikan ke
SKPD terkait.
No copy data
No other version available