Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus: Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014)

Main Authors: Yulistiana, Marisa, Chaerani, Diah, Lesmana, Eman
Format: Article info application/pdf Journal
Language: ind
Published: Jurnal Matematika Integratif , 2016
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391
http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391/pdf
Table of Contents:
  • Penjadwalan mata kuliah merupakan sistem yang dirancang untuk mengatur semua kegiatan perkuliahan. Jadwal mata kuliah dirancang dengan menyesuaikan komponen-komponen penjadwalan, yaitu mata kuliah, mahasiswa, dosen, waktu perkuliahan, dan ruang kelas. Departemen Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Matematika dan Program Studi Teknik Informatika. Hal ini mengakibatkan perlunya penyusunan jadwal yang optimal untuk kedua program studi. Permasalahan penjadwalan mata kuliah ini diselesaikan dengan membuat model optimisasi penjadwalan mata kuliah dengan memaksimumkan tingkat efisiensi penggunaan ruang kelas dan meminimumkan tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model ini mengacu kepada Wormald dan Guimond [10] yang membahas penyusunan jadwal mata kuliah yang lebih efisien di WPI (Worcester Polytechnic Institute) dengan pemrograman linear. Dalam makalah ini, pengembangan model dilakukan dengan memperhatikan faktor tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model tersebut diselesaikan dengan Metode Hungarian dan bantuan software MATLAB yang dapat menghasilkan solusi optimal untuk merancang penjadwalan mata kuliah yang efektif dan efisien. Studi kasus di Departemen Matematika FMIPA Unpad dibahas dalam makalah ini untuk peninjauan jadwal Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. Dengan adanya pemodelan ini diharapkan dapat diterapkan di departemen ataupun di perguruan tinggi lainnya agar penjadwalan mata kuliah menjadi lebih efektif dan efisien.