Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus: Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014)

Main Authors: Yulistiana, Marisa, Chaerani, Diah, Lesmana, Eman
Format: Article info application/pdf Journal
Language: ind
Published: Jurnal Matematika Integratif , 2016
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391
http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391/pdf
ctrlnum article-9391
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus: Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014)</title><creator>Yulistiana, Marisa</creator><creator>Chaerani, Diah</creator><creator>Lesmana, Eman</creator><description lang="id-ID">Penjadwalan mata kuliah merupakan sistem yang dirancang untuk mengatur semua kegiatan perkuliahan. Jadwal mata kuliah dirancang dengan menyesuaikan komponen-komponen penjadwalan, yaitu mata kuliah, mahasiswa, dosen, waktu perkuliahan, dan ruang kelas. Departemen Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Matematika dan Program Studi Teknik Informatika. Hal ini mengakibatkan perlunya penyusunan jadwal yang optimal untuk kedua program studi. Permasalahan penjadwalan mata kuliah ini diselesaikan dengan membuat model optimisasi penjadwalan mata kuliah dengan memaksimumkan tingkat efisiensi penggunaan ruang kelas dan meminimumkan tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model ini mengacu kepada Wormald dan Guimond [10] yang membahas penyusunan jadwal mata kuliah yang lebih efisien di WPI (Worcester Polytechnic Institute) dengan pemrograman linear. Dalam makalah ini, pengembangan model dilakukan dengan memperhatikan faktor tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model tersebut diselesaikan dengan Metode Hungarian dan bantuan software MATLAB yang dapat menghasilkan solusi optimal untuk merancang penjadwalan mata kuliah yang efektif dan efisien. Studi kasus di Departemen Matematika FMIPA Unpad dibahas dalam makalah ini untuk peninjauan jadwal Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. Dengan adanya pemodelan ini diharapkan dapat diterapkan di departemen ataupun di perguruan tinggi lainnya agar penjadwalan mata kuliah menjadi lebih efektif dan efisien.</description><publisher lang="id-ID">Jurnal Matematika Integratif</publisher><publisher lang="en-US">Journal of Integrative Math</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2016-08-19</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391</identifier><source lang="id-ID">Jurnal Matematika Integratif; Volume 11 No 1 (April 2015); 45-64</source><source lang="en-US">Journal of Integrative Math; Volume 11 No 1 (April 2015); 45-64</source><source>1412-6184</source><language>ind</language><relation>http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391/pdf</relation><rights lang="id-ID">Copyright (c) 2016 Jurnal Matematika Integratif</rights><recordID>article-9391</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:Journal
author Yulistiana, Marisa
Chaerani, Diah
Lesmana, Eman
title Penerapan Metode Hungarian dalam Penentuan Penjadwalan Matakuliah Optimal (Studi Kasus: Departemen Matematika Universitas Padjadjaran Semester Ganjil 2013-2014)
publisher Jurnal Matematika Integratif
publishDate 2016
url http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391
http://jurnal.unpad.ac.id/jmi/article/view/9391/pdf
contents Penjadwalan mata kuliah merupakan sistem yang dirancang untuk mengatur semua kegiatan perkuliahan. Jadwal mata kuliah dirancang dengan menyesuaikan komponen-komponen penjadwalan, yaitu mata kuliah, mahasiswa, dosen, waktu perkuliahan, dan ruang kelas. Departemen Matematika FMIPA Universitas Padjadjaran (Unpad) memiliki dua program studi, yaitu Program Studi Matematika dan Program Studi Teknik Informatika. Hal ini mengakibatkan perlunya penyusunan jadwal yang optimal untuk kedua program studi. Permasalahan penjadwalan mata kuliah ini diselesaikan dengan membuat model optimisasi penjadwalan mata kuliah dengan memaksimumkan tingkat efisiensi penggunaan ruang kelas dan meminimumkan tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model ini mengacu kepada Wormald dan Guimond [10] yang membahas penyusunan jadwal mata kuliah yang lebih efisien di WPI (Worcester Polytechnic Institute) dengan pemrograman linear. Dalam makalah ini, pengembangan model dilakukan dengan memperhatikan faktor tingkat ketidakpuasan mahasiswa terhadap jadwal yang berlaku. Model tersebut diselesaikan dengan Metode Hungarian dan bantuan software MATLAB yang dapat menghasilkan solusi optimal untuk merancang penjadwalan mata kuliah yang efektif dan efisien. Studi kasus di Departemen Matematika FMIPA Unpad dibahas dalam makalah ini untuk peninjauan jadwal Semester Ganjil Tahun Akademik 2013/2014. Dengan adanya pemodelan ini diharapkan dapat diterapkan di departemen ataupun di perguruan tinggi lainnya agar penjadwalan mata kuliah menjadi lebih efektif dan efisien.
software_str ojs
id IOS43.article-9391
institution Universitas Padjadjaran
institution_id 454
institution_type library:university
library
library Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
library_id 7
collection Jurnal Matematika Intergratif
repository_id 43
subject_area Matematika
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS43
first_indexed 2017-02-01T12:39:08Z
last_indexed 2017-02-01T12:39:08Z
recordtype dc
_version_ 1561211722717462528
score 12.0878725