APRESIASI SASTRA DALAM MENINGKATKAN GEMAR MEMBACA SISWA SEKOLAH DASAR DI DESA COGREG DAN DESA CAYUR KECAMATAN CIKATOMAS, KABUPATEN TASIKMALAYA

Main Authors: -, Rafida, U., -, Saringendyati, E., -, Ampera, T.
Other Authors: Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat
Format: Article info application/pdf Journal
Language: ind
Published: DRPM Unpad , 2013
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/8215
http://jurnal.unpad.ac.id/dharmakarya/article/view/8215/3763
Table of Contents:
  • Minat baca siswa sekolah Indonesia dipandang masih rendah. Hal tersebut dilatarbelakangi olehbeberapa faktor penyebab, seperti godaan media televisi, harga buku yang relatif mahal, dan kurangnyakoleksi bahan bacaan yang bermutu dan menarik. Oleh karena itu, perlu diupayakan agar minat bacasiswa dapat meningkat dan berkembang ke arah apresiasi sastra. Salah satu upaya untuk meningkatkanminat baca adalah kegiatan keterampilan menulis puisi untuk anak. Tujuannya untuk membekali siswaagar memiliki keterampilan menulis puisi sebagai cipta sastra yang dapat dijadikan sebagai mediauntuk meningkatkan gemar membaca siswa di sekolah dasar. Kegiatan tersebut diselaraskan dengankondisi yang ada saat ini, yaitu kemampuan apresiasi sastra para siswa masih memprihatinkan. Haltersebut sudah pasti berdampak pada perkembangan kemampuan berbahasa. Metode yang digunakanadalah metode penyuluhan. Berdasarkan jumlah sasaran, yaitu siswa kelas V sekolah dasar, makametode penyuluhan yang digunakan berdasarkan pada pendekatan kelompok. Hasil yang diperoleh darikegiatan apresiasi sastra dalam meningkatkan gemar membaca melalui kegiatan menulis puisi adalahadanya peningkatan positif yang cukup berarti bagi siswa SD kelas V di Desa Cogrek dan Desa Cayur,Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya dalam pemahaman mengenai dunia sastra (peningkatandata menunjukkan angka 31.25% atau 15 siswa) ; artinya kegiatan ini memberi manfaat positif bagi parapeserta, yang dibuktikan dengan jumlah kenaikkan peserta yang memiliki wawasan sastra. Kemampuanmenulis puisi pada siswa sekolah dasar merupakan bentuk apresiasi sastra pada tingkat produktif, yaitusiswa dapat menghasilkan cipta sastra. Kemampuan apresiasi produktif itu tidak terlepas dari kegiatanmembaca. Untuk memiliki kemampuan membaca, maka pada diri siswa harus dibina sikap gemarmembaca.Kata kunci; minat baca, apresiasi sastra, kemampuan menulis.