Korelasi Nilai Komunikasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada OSCE Tahap Akademik dengan OSCE UKMPPD

Main Authors: lestari, qori, Dewi, Sari Puspa, Desy, Insi Farisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Language: ind
Published: Jurnal Sistem Kesehatan , 2016
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363
http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363/4734
Table of Contents:
  • Kurangnya kemampuan komunikasi dokter dalam menyampaikan informasi kepada pasien masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Objective Stuctured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu alat evaluasi kemampuan komunikasi. OSCE diterapkan mulai tahap akademik dan berlanjut sampai tahap Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Penelitian ini bermaksud melihat korelasi nilai komunikasi mahasiswa pada tahap akademik dengan UKMPPD untuk mengevaluasi kurikulum komunikasi yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FKUP). Metode Studi potong lintang dilakukan pada nilai OSCE tahap akademik dan UKMPPD dari 264 data mahasiswa FK Unpad angkatan 2009 dan 2010 pada September – November 2015. Rerata nilai OSCE untuk komunikasi maupun nilai komponen anamnesis dan komunikasi (communication skills, drug education, breaking bad news, informed concent) dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil Rerata nilai OSCE komunikasi tahap akademik dan UKMPPD secara berurutan adalah 88,77 (+2,21) dan 86,33 (+6,74) dengan koefisien korelasi r=0,158 (p< 0,05). Untuk komponen anamnesis dan komunikasi diperoleh koefisien korelasi secara berurutan adalah r=0,131 (p<0,05) dan r= 0,181 (p>0,05). Simpulan Terdapat korelasi positif lemah antara nilai komunikasi OSCE tahap akademik dengan OSCE UKMPPD. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidikan dan penilaian komunikasi yang berlangsung selama proses pendidikan profesi dokter.Kata kunci : komunikasi, OSCE