Korelasi Nilai Komunikasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada OSCE Tahap Akademik dengan OSCE UKMPPD

Main Authors: lestari, qori, Dewi, Sari Puspa, Desy, Insi Farisa
Format: Article info application/pdf eJournal
Language: ind
Published: Jurnal Sistem Kesehatan , 2016
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363
http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363/4734
ctrlnum article-10363
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">Korelasi Nilai Komunikasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada OSCE Tahap Akademik dengan OSCE UKMPPD</title><creator>lestari, qori</creator><creator>Dewi, Sari Puspa</creator><creator>Desy, Insi Farisa</creator><description lang="id-ID">Kurangnya kemampuan komunikasi dokter dalam menyampaikan informasi kepada pasien masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Objective Stuctured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu alat evaluasi kemampuan komunikasi. OSCE diterapkan mulai tahap akademik dan berlanjut sampai tahap Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Penelitian ini bermaksud melihat korelasi nilai komunikasi mahasiswa pada tahap akademik dengan UKMPPD untuk mengevaluasi kurikulum komunikasi yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FKUP). Metode Studi potong lintang dilakukan pada nilai OSCE tahap akademik dan UKMPPD dari 264 data mahasiswa FK Unpad angkatan 2009 dan 2010 pada September &#x2013; November 2015. Rerata nilai OSCE untuk komunikasi maupun nilai komponen anamnesis dan komunikasi (communication skills, drug education, breaking bad news, informed concent) dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil Rerata nilai OSCE komunikasi tahap akademik dan UKMPPD secara berurutan &#xA0;adalah &#xA0;88,77 (+2,21) &#xA0;dan &#xA0;86,33 (+6,74) &#xA0;dengan &#xA0;koefisien &#xA0;korelasi r=0,158 (p&lt; 0,05). Untuk komponen anamnesis dan komunikasi diperoleh koefisien korelasi secara berurutan adalah r=0,131 (p&lt;0,05) dan r= 0,181 (p&gt;0,05). Simpulan Terdapat korelasi positif lemah antara nilai komunikasi OSCE tahap akademik dengan OSCE UKMPPD. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidikan dan penilaian komunikasi yang berlangsung selama proses pendidikan profesi dokter.Kata kunci : komunikasi, OSCE</description><publisher lang="id-ID">Jurnal Sistem Kesehatan</publisher><publisher lang="en-US">Health System Journal</publisher><contributor lang="id-ID"/><date>2016-11-30</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Journal:Article</type><type>File:application/pdf</type><identifier>http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363</identifier><source lang="id-ID">Jurnal Sistem Kesehatan; Vol 1, No 3 (2016): Volume 1 Nomor 3 Maret 2016</source><source lang="en-US">Health System Journal; Vol 1, No 3 (2016): Volume 1 Nomor 3 Maret 2016</source><language>ind</language><relation>http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363/4734</relation><rights lang="id-ID">Copyright (c) 2016 Jurnal Sistem Kesehatan</rights><recordID>article-10363</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
File:application/pdf
File
Journal:eJournal
author lestari, qori
Dewi, Sari Puspa
Desy, Insi Farisa
title Korelasi Nilai Komunikasi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran pada OSCE Tahap Akademik dengan OSCE UKMPPD
publisher Jurnal Sistem Kesehatan
publishDate 2016
url http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363
http://jurnal.unpad.ac.id/jsk_ikm/article/view/10363/4734
contents Kurangnya kemampuan komunikasi dokter dalam menyampaikan informasi kepada pasien masih menjadi masalah yang sering dikeluhkan. Objective Stuctured Clinical Examination (OSCE) merupakan salah satu alat evaluasi kemampuan komunikasi. OSCE diterapkan mulai tahap akademik dan berlanjut sampai tahap Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter (UKMPPD). Penelitian ini bermaksud melihat korelasi nilai komunikasi mahasiswa pada tahap akademik dengan UKMPPD untuk mengevaluasi kurikulum komunikasi yang dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran (FKUP). Metode Studi potong lintang dilakukan pada nilai OSCE tahap akademik dan UKMPPD dari 264 data mahasiswa FK Unpad angkatan 2009 dan 2010 pada September – November 2015. Rerata nilai OSCE untuk komunikasi maupun nilai komponen anamnesis dan komunikasi (communication skills, drug education, breaking bad news, informed concent) dianalisis dengan uji korelasi Spearman. Hasil Rerata nilai OSCE komunikasi tahap akademik dan UKMPPD secara berurutan adalah 88,77 (+2,21) dan 86,33 (+6,74) dengan koefisien korelasi r=0,158 (p< 0,05). Untuk komponen anamnesis dan komunikasi diperoleh koefisien korelasi secara berurutan adalah r=0,131 (p<0,05) dan r= 0,181 (p>0,05). Simpulan Terdapat korelasi positif lemah antara nilai komunikasi OSCE tahap akademik dengan OSCE UKMPPD. Perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai pendidikan dan penilaian komunikasi yang berlangsung selama proses pendidikan profesi dokter.Kata kunci : komunikasi, OSCE
software_str ojs
id IOS18.article-10363
institution Universitas Padjadjaran
institution_id 454
institution_type library:university
library
library Fakultas Kedokteran
library_id 4
collection Jurnal Sistem Kesehatan
repository_id 18
subject_area Kedokteran
Kesehatan
Kesehatan Masyarakat
city BANDUNG
province JAWA BARAT
repoId IOS18
first_indexed 2017-01-27T03:36:22Z
last_indexed 2017-01-27T03:36:22Z
recordtype dc
_version_ 1561212050377539584
score 12.0878725