PERILAKU PENCARIAN INFORMASI OLEH MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI

Main Author: -, Rohanda
Format: Article info eJournal
Language: ind
Published: Sosiohumaniora , 2015
Online Access: http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298/2661
ctrlnum article-5298
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><title lang="id-ID">PERILAKU PENCARIAN INFORMASI OLEH MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI</title><creator>-, Rohanda</creator><description lang="id-ID">Inti permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Perilaku Pencarian Informasi oleh Mahasiswa melalui Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dengan penekanan pemasalahannya pada aspek aktivitas yang mereka lakukan pada waktu pencarian informasi, optimalisasi pemanfaatan jasa layanan yang diberikan oleh perpustakaan, dan bentuk layanan yang paling dominan mereka manfaatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data; kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa perilaku pencarian informasi yang mereka lakukan didasari atas kebutuhan untuk menyelesaikan tugas-tugas dari dosen dan membuat karya ilmiah (skripsi, tesis dan desertasi). Aktivitas dalam pencarian informasi masih memilih sendiri di rak (browsing) tanpa terlebih dahulu menggunakan katalog baik manual maupun elektronik. Dominasi pemanfaatan jasa perpustakaan masih sekitar aspek peminjaman pustaka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku pencarian informasi melalui layanan perpustakaan hanya sebatas tugas dari dosen atau penyusunan skripsi/tesis/desertasi dan lain-lain. Pemanfaatan jasa belum optimal masih sebatas pada meminjam dan mengembalikan. Hal ini terbukti dengan pemanfaatan waktu mereka di perpustakaan hanya berkisar 4 jam per minggu. Oleh karena itu, untuk optimalisasi pemanfaatan jasa tersebut, perlu adanya koordinasi antara rektorat, lembaga perpustakaan dan dekan untuk membuat program Users&#x2019; Educations (Pendidikan Pemakai) Kata Kunci : Pencarian Informasi, Pendidikan Pemakai.</description><publisher lang="en-US">Sosiohumaniora</publisher><publisher lang="id-ID">Sosiohumaniora</publisher><date>2015-02-18</date><type>Journal:Article</type><type>Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion</type><type>Other:</type><type>Other:</type><identifier>http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298</identifier><source lang="en-US">Sosiohumaniora; Vol 5, No 2 (2003): SOSIOHUMANIORA, JULI 2003; 96</source><source lang="id-ID">Sosiohumaniora; Vol 5, No 2 (2003): SOSIOHUMANIORA, JULI 2003; 96</source><source>2443-2660</source><source>1411-0911</source><language>ind</language><relation>http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298/2661</relation><rights lang="id-ID">Copyright (c) 2016 Sosiohumaniora</rights><recordID>article-5298</recordID></dc>
language ind
format Journal:Article
Journal
Other:info:eu-repo/semantics/publishedVersion
Other
Other:
Journal:eJournal
author -, Rohanda
title PERILAKU PENCARIAN INFORMASI OLEH MAHASISWA MELALUI PEMANFAATAN LAYANAN PERPUSTAKAAN PERGURUAN TINGGI
publisher Sosiohumaniora
publishDate 2015
url http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298
http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/5298/2661
contents Inti permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah Perilaku Pencarian Informasi oleh Mahasiswa melalui Pemanfaatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi, dengan penekanan pemasalahannya pada aspek aktivitas yang mereka lakukan pada waktu pencarian informasi, optimalisasi pemanfaatan jasa layanan yang diberikan oleh perpustakaan, dan bentuk layanan yang paling dominan mereka manfaatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan menggunakan teknik pengumpulan data; kuesioner, wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh memperlihatkan bahwa perilaku pencarian informasi yang mereka lakukan didasari atas kebutuhan untuk menyelesaikan tugas-tugas dari dosen dan membuat karya ilmiah (skripsi, tesis dan desertasi). Aktivitas dalam pencarian informasi masih memilih sendiri di rak (browsing) tanpa terlebih dahulu menggunakan katalog baik manual maupun elektronik. Dominasi pemanfaatan jasa perpustakaan masih sekitar aspek peminjaman pustaka. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa perilaku pencarian informasi melalui layanan perpustakaan hanya sebatas tugas dari dosen atau penyusunan skripsi/tesis/desertasi dan lain-lain. Pemanfaatan jasa belum optimal masih sebatas pada meminjam dan mengembalikan. Hal ini terbukti dengan pemanfaatan waktu mereka di perpustakaan hanya berkisar 4 jam per minggu. Oleh karena itu, untuk optimalisasi pemanfaatan jasa tersebut, perlu adanya koordinasi antara rektorat, lembaga perpustakaan dan dekan untuk membuat program Users’ Educations (Pendidikan Pemakai) Kata Kunci : Pencarian Informasi, Pendidikan Pemakai.
software_str ojs
id IOS10.article-5298
institution Universitas Padjadjaran
institution_id 454
institution_type library:university
library
library Unpad Press
library_id 23
collection Sosiohumaniora
repository_id 10
subject_area Sosial
Budaya
Hukum
Politik
city SUMEDANG
province JAWA BARAT
repoId IOS10
first_indexed 2016-12-22T04:36:33Z
last_indexed 2017-01-27T03:33:46Z
recordtype dc
_version_ 1561211548595126272
score 12.0878725